Ketik


..

??

Cari Artikel Lain di sini

Go Happy

Kamis, 04 April 2013

Contoh teks pidato bertema Islam ( dakwah )



Pokok pembahasan :
·         Setan yang jujur terhadap nabi
·         Pergaulan anak masa kini

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hadirin yg diberkahi Allah dan saudaraku yg berbahagia. Dalam kesempatan ini saya akan menyampaikan sesuatu yg pernah dialami Nabi Muhammad SAW dan para sahabat nabi saat berbincang-bincang dengan iblis.
Sebuah hadist rosul yang diriwayatkan oleh Muadz bin Jabal R.A. dari Ibnu Abbas R.A. beliau mengatakan : “Ketika kami sedang berada di rumah seorang sahabat Anshar tiba-tiba terdengar panggilan dari luar, dan menurut rasulullah itu adalah iblis yg terlaknat”. Rupa iblis itu menyerupai seorang kakek yg cacat satu matanya, terdapat 7 helai rambut mirip rambut kuda di janggutnya, taringnya seperti taring babi dan bibirnya seperti bibir sapi. Iblis itu telah dipaksa oleh malaikat utusan Allah SWT dan malaikat itu berkata : “Datangilah Muhammad SAW dengan menundukkan diri, beri tahu bagaimana caramu dalam menggoda manusia dan jawablah dengan jujur. Demi kebesaran Allah, andai engkau berdusta satu kali saja, maka Allah akan menjadikan dirimu debu yg ditiup angin”. Iblis menuruti lalu datang kepada Muhammad dan ia menjawab semua pertanyaan rasulullah, menurut iblis orang” yg dibencinya adalah :
1.       Para nabi dan sahabat”nya
2.       Pemuda yg bertakwa dan mengabdikan dirinya untuk Allah.
3.       Orang yg alim dan royal terhadap sesama.
4.       Orang yg selalu bersuci.
5.       Fakir yg sabar dan tidak mengeluhkan kesulitannya kpd orang lain.
Selain itu, rasulullah juga bertanya tentang ciri orang yang sabar. Iblis berkata “orang yang sabar adalah orang yg tidak mengeluhkan kesulitannya selama 3 hari kepada siapapun dan orang kaya yg pandai bersyukur”. Jadi, marilah kita menjadi orang yg seperti itu, dengan kepribadian jiwa yg baik disertai  iman yg kuat, maka insya allah kita dijauhkan dari iblis terlaknat..... Allohuma Amin. Tapi tunggu dulu saudaraku, tidak hanya itu yg ditanyakan oleh nabi. Nabi Muhammad berkata : “Amalan apakah yg dapat menyiksa dirimu ?” Iblis menjawab :
Jika melihat manusia yg hendak shalat, maka aku merasakan panas dingin dan gemetar. Sebab 1x manusia sujud kepada Allah oleh Allah dinaikkan 1 derajat. Jika seorang umatmu berpuasa,aku merasa terikat hingga berbuka. Jika aku melihat umatmu pergi haji karena jalan Allah, maka aku akan seperti orang gila. Saat umatmu membaca Al Qur’an, aku seperti meleleh laksana timah diatas api. Jika umatmu bersedekah tanpa mengharap apapun, maka ia telah membelah tubuhku dengan gergaji. Karena di dalam sedekah terdapat 4 kemuliaan, yaitu : keberkahan dalam hartanya, hidupnya disukai, sedekah itu menjadi jurang pemisah antara dirinya dengan neraka dan semua musibah akan terhindar darinya. Suara-suara kuda yang berperang di jalan Allah dapat mematahkan pinggangku. Jika ada manusia yg beristighfar siang malam, maka ia dapat membakar hatiku.Shalat fajar dapat menusuk mataku. Hal yg dpt menyakitkan kepalaku adalah orang yg shalat berjama’ah. Aku makan dengan tangan kiri, maka orang yg seperti itu sesungguhnya telah menjadi budakku. Wahai Muhammad, sesungguhnya kuku” mereka yg panjang adalah tempat tinggal bagi anak”ku. Saudara”ku yg berbahagia. Dari penuturan iblis itu, kita dapat mengetahui bahwa hal” seperti itu yg dapat membuat iblis gelisah. Maka, janganlah engkau menjadi teman dari iblis itu, sungguh kita akan menyesal bila mendapat laknat dari Allah. Saya akan menjelaskan teman” iblis berdasarkan perbincangan rasulullah dgn iblis. Rasulullah berkata : “Hai iblis, siapakah teman”mu yg paling      baik ?” iblis menjawab :
1.       Pemakan riba atau uang haram adalah temanku.
2.       Orang yg berzina dan maksiat adalah sahabatku.
3.       Pemabuk adalah teman saat tidurku.
4.       Yang menjadi tamuku adalah pencuri.
5.       Tukang sihir dan dukun sesat adalah utusanku.
6.       Yang membuatku gembira adalah kata cerai dan berdusta atau ingkar janji.
7.       Orang” yg meninggalkan shalat jum’at adalah kekasihku.
8.       Dan bila ada orang” yg meninggalkan shalat 5 waktu, mereka adalah manusia terbaik bagiku. Wahai Muhammmad, itulah semua manusia yg akan menjadi temanku di neraka nanti.
Rasulullah lalu bersabda : Segala puji bagi Allah yg telah membahagiakan umatku dan menyengsarakan bangsamu. Iblis segera menjawab : Engkau salah Muhammad, tiada kebahagiaan sebelum hari akhir nanti. Hanya orang” yg sabar dan ikhlas yg tidak dapat kusesatkan. Rasulullah lalu bertanya : Siapakah orang tersebut ? Iblis menjawab : mereka adalah orang yg tidak gila dengan dunia. Selama manusia senang dengan sanjungan dan harta, maka mereka sangat mudah kuperbudak. Iblis melanjutkan penuturannya : Muhammad, tahukah kamu bahwa aku mempunyai 70.000 anak ? dan disetiap anak”ku mempunyai 70.000 syaithan. Mereka kutugaskan menggoda seluruh umatmu.
1.       Ada anakku yg suka mengencingi telinga orang” yg shalat berjama’ah dengan tidak berniat shalat sehingga mereka tertidur.
2.       Aku juga mempunyai anak yg suka menaburkan sesuatu dimata orang” yg mendengarkan dakwah ulama, sehingga ia mengantuk dan pahalanya terhapus.
3.       Ada juga anakku yg suka di lidah manusia, sehingga ia sering Ghibah (gosip) dan membicarakan kebajikan yg telah ia lakukan. Dengan begitu, 99% amalnya telah terhapus.
4.       Pada setiap wanita, anakku dan syaithan berada di paha dan pinggulnya. Sehingga wanita tergoda untuk menampilkan tubuhnya dan berbuat zina.
Astaghfirullahal’adzim, sungguh mengerikan orang” seperti itu. Saudaraku, berdoa’lah kepada Allah agar diberi jalan yang benar. Niscaya engkau akan diterangi dalam segala cobaan. Allohuma Amin......
                Iblis lalu menjelaskan pada Nabi Muhammad : Wahai engkau Muhammad, taukah engkau bahwa dusta dan ingkar berasal dariku ? Manusia pendusta adalah sahabatku dan ingkar janji adalah kekasihku. Akulah makhluk pertama yg berdusta. Aku juga mengganggu orang” yg ingin shalat. Dengan itu, pasti umatmu akan ikut denganku di neraka. Rasulullah berkata : Apakah permintaanmu kepada Allah sehingga bisa menyesatkan manusia ?
Iblis berkata : ada 10 permintaanku pada Allah
1.       Aku meminta agar dibolehkan berbagi dalam harta manusia dan menjanjikan sesuatu pada manusia. Allah SWT berfirman : ........dan tiada yang dijanjikan syaithan itu kecuali tipuan semata. (Al Isra’ 64)
2.       Aku meminta agar dibiarkan ikut bersama orang yg sedang berhubungan intim tanpa berlindung kepada Allah, dan sesungguhnya anak itu adalah pengikut setiaku.
3.       Aku meminta agar bersama dengan orang” yg berkendara dengan niat tidak baik, aku akan mencelakainya.
4.       Aku minta agar kamar mandi dijadikan tempat tinggalku.
5.       Aku minta menjadikan tempat keramaian sebagai masjidku.
6.       Aku meminta agar orang yg membelanjakan hartanya untuk maksiat sebagai saudaraku.
7.       Aku minta agar pemabuk dijadikan teman tidurku.
8.       Aku minta agar syair sebagai Qur’anku.
9.       Aku meminta agar manusia tidak bisa melihatku dan aku bisa melihat manusia.
10.   Aku minta agar bisa mengalir di darah manusia dan hidup sampai hari kiamat.
Iblis berkata : Wahai Muhammad, sesungguhnya aku hanya bisa menggoda manusia yg tercela dan hina. Aku akan terus mengadu domba mereka. Rasulullah mengucapkan suatu ayat : Andaikan tuhanmu menghendaki, tentu dapat menjadikan semua manusia satu umat, tetapi mereka selalu berselisih pendapat (Hud 118).
Saudara” yg dicintai Allah, marilah kita merenungkan hikmah yg dapat kita ambil dari peristiwa tersebut. Marilah kita menjadi orang yg baik dimata siapapun terutama baik di jalan Allah. Janganlah engkau merasa norak atau katrok saat memakai busana kebesaran Islam, harusnya kita bangga dengan busana tersebut. Dan merasalah norak ataupun katrok saat memakai pakaian yg tidak menutup aurat, tidak sesuai ketentuan islam, dan pakaian yg transparan serta memperlihatkan lekuk tubuh. Harusnya para wanita bangga dengan jilbab dan pakaian muslimnya, karena dengan itu mereka tampak cantik dan menawan. Ingatlah, bahwa aurat wanita adalah semua anggota tubuh kecuali telapak tangan dan telapak kaki, serta bagian wajah. Sedangkan untuk calon pemimpin, harusnya kalian mencintai islam, janganlah engkau merasa terhina karena islam. Janganlah kau menuruti nafsu duniawi...... sesungguhnya laki” itu lebih pintar daripada wanita. Hanya saja kalian telah melupakan ajaran” Nabi terdahulu. Renungkanlah saudaraku seumat beragama, islam adalah agama yg sempurna.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Follow by Email